Catatan Flaspacker

Buat api pakai kondom
Share this:

Secara umum, kamu pasti sudah tahu perlengkapan apa saja yang sering disiapkan oleh para pendaki ketika akan melakukan pendakian. Ya misalnya perlengkapan pendakian seperti jaket, sepatu gunung, headlamp, tenda, tas carier, kompor, nasting, dan lain sebagainya. Tapi, tahukah kamu kalau para pendaki juga sering membawa perlengkapan pendakian yang terbilang aneh seperti kondom, tissue magic, dan pembalut?

Memang aneh rasanya ketika mendengar ada pendaki yang membawa ketiga benda tersebut.  Saya pun sempat terkejut saat itu. Maklum cuy, pendaki pemula. Heuheu

Baca juga: Ini 5 Hal yang Membedakan Pendaki Pemula dan Pendaki Senior

Nah, setelah saya telusuri, ternyata ketiga benda ini benar-benar sangat bermanfaat lho. Mau tahu apa manfaatnya? Nih saya kasih tahu bro, fungsi kondom, tissue magic, dan pembalut bagi para pendaki.

Kondom Sebagai Perlengkapan Pendaki

Selain digunakan untuk berhubungan badan, ternyata alat kontrasepsi sejuta umat ini juga sering digunakan juga oleh para pendaki sebagai wadah penampung air yang sifatnya sementara. Tapi, sebelumnya kondom tersebut harus dicuci dulu agar kandungan minyaknya hilang. Ya kali minum air rasa minyak kondom heuheu

Oh iya bro, kondomnya juga harus diperhatikan lho. Para pendaki biasanya membawa kondom yang tingkat elastisitasnya rendah, sehingga tidak mudah bocor dan air tidak mudah tumpah. Syukur-syukur tumpahnya di luar, kalau tumpahnya di dalam gimana? Bisa gawat dong. Btw, tumpah di dalam tas ya bro, bukan di dalam pikiran kotormu. Hiya hiya hiya…

Selain sebagai wadah penyimpan air, kondom juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi luka. Kok bisa? Bisa dong bro. Jadi alat kontrasepsi sejuta umat ini bisa menghindari luka dari air dan menjaga luka agar tetap kering. Caranya bisa kamu lihat pada gambar berikut.

Bukan cuma luka yang bisa dilindungi, kondom juga dapat melindungi baterai atau smartphone milik para pendaki jika cuaca saat itu sedang hujan deras. Caranya, masukin saja baterai dan smartphone ke dalam kondom tersebut, kemudian diikat. Beres deh.

Baca juga: 18 Tips Mendaki Gunung saat Musim Hujan

Tak hanya itu bro. Ketika para pendaki lupa membawa korek api, mereka juga bisa menggunakan kondom untuk menyalakan api. Gak percaya? Nih saya beritahu caranya.

Pertama, masukkan air ke dalam kondom sampai penuh. Kemudian arahkan pada sinar matahari secara langsung. Jangan lupa letakkan rerumputan atau jerami pada pantulan cahaya matahari di bagian bawah kondom tersebut. Sesudah itu, tunggu beberapa saat dan apinya akan menyala.

Masih ada lagi bro manfaatnya, yaitu sebagai tali. Tahu gak, ternyata kondom bisa menanggung beban hingga 42 kilogram. Kuat banget kan? Jadi kalau tali dari tas ransel pendaki putus atau semisal ada keadaan darurat, kondom bisa banget dijadikan penggantinya.

Tissue Magic

Kamu tentu udah tahu tissue magic biasa digunakan untuk apa? Yups buat nyulap durasi. Dari yang biasanya durasinya cepat, disulap jadi tahan lama. Heuheu… Yang belum paham, coba baca dulu deh kegunaan tissue magic pada umumnya di sini.

Nah, jadi selain untuk menambah durasi saat berhubungan badan bagi pasangan yang udah halal, tissue magic ini ternyata sering dipakai oleh para pendaki untuk mengatasi kram. Kok bisa sih? Ya karena menurut beberapa sumber, tissue magic ini mengandung antiseptik yang dapat memberikan rasa hangat pada kaki yang mengalami kram. Jadi seperti obat gosok gitulah bro.

Di dalam tissue magic, juga terdapat zat Benzocaine. Zat ini berfungsi sebagai bius lokal yang dapat mengurangi sensasi rangsangan yang diterima kulit sehingga bagian kaki yang mengalami kram tersebut menjadi mati rasa untuk sementara waktu.

Pembalut

Memang wajar jika ada pendaki cewek yang membawa pembalut, namun bagaimana jika yang membawanya adalah pendaki cowok? Ya tentu aneh dong. Eits.. Tapi jangan dulu berpikir yang macam-macam ya bro, karena nyatanya pembalut sangat bermanfaat banget buat para pendaki lho.

Pada saat mendaki dengan beban tas carier yang berat, tentu pundak para pendaki akan terasa pegal banget. Terus apa hubungannya sama pembalut?

Jadi gini bro, pembalut ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pelapis ransel atau tas carier di bagian pundak. Dengan begitu, rasa pegel pada pundak pendaki menjadi berkurang dan proses pendakian pun terasa lebih nyaman dan tetap santuy.

Baca juga: 11 Perlengkapan Pendakian

Oke bro, jadi itulah fungsi dari ketiga perlengkapan pendaki yang terbilang aneh. Semoga setelah baca ini, kamu gak mikir yang macam-macam lagi ya. Heuheu

1 thought on “Perlengkapan Pendaki yang Terbilang Aneh, Mulai dari Kondom Sampai Tissue Magic

  1. Wedew, luar biasa nih kreativitasnya. Kepikiran juga pakai kondom & tisu magic. Dulu zaman saya masih rajin naik gunung, belum ada yang pakai dua benda itu. Iya lah, 18 tahun lalu. huehehe

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: