Peringati Puncak Harlah NU ke-99, Ketua PCNU Mimika: Mari Bangun Mimika dan Merawat Indonesia

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Mimika menggelar acara peringatan Hari Lahir (Harlah) NU yang ke-99 di gedung Emeneme, Sabtu (26/2/2022).

Dengan mengusung tema ‘Menyongsong 100 tahun NU: Merawat Jagat, Membangun Peradaban’, Ketua PCNU, Imam Mawardi Ma’sum mengajak segenap warga Nahdliyin untuk membangun Kabupaten Mimika dan merawat Indonesia.

“Mari kita bersama-sama bangun Kabupaten Mimika, merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan peradaban kita sebagai orang Indonesia dan sebagai muslim yang berada di Kabupaten Mimika, Papua,” ujar Imam dalam sambutannya.

Dia menyampaikan salah satu tujuan NU adalah mempertahankan islam ahlussunnah wal jamaah, yaitu islam yang moderat, yang mampu menerima tradisi-tradisi lokal serta beradaptasi terhadap perubahan zaman.

“NU senantiasa memperjuangkan tegaknya ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah demi mewujudkan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa, kesejahteraan, keadilan, dan kemandirian khususnya warga Nahdliyin serta terciptanya rahmat bagi semesta dalam wadah negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan pancasila,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Imam, janganlah sampai kita mengotori jagat ini karena bagaimana pun caranya, semuanya adalah warga negara Indonesia yang baik.

Selain itu, melalui kegiatan ini Imam juga berpesan kepada segenap warga Nahdliyin di Kabupaten Mimika agar terus menjalin silaturahmi antar umat beragama.

“Sebagaimana jargon warga Nahdliyin, yakni Hubbul Wathon Minal Iman yang artinya, cinta tanah air adalah sebagian dari iman, sudah sepatutnya kita sebagai warga Nahdliyin menjalin hubungan silaturahmi antar umat beragama, berbangsa, dan bernegara dengan menjalankan pesan-pesan moral yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai dasar negara,” terangnya.

Dia berharap dengan adanya acara ini warga Nahdliyin senantiasa dapat menumbuhkan sinergitas antar umat beragama di Kabupaten Mimika dalam setiap hari-hari besar dari agama manapun.

“Sebagai umat beragama, mari kita saling bergandengan tangan dalam membangun Kabupaten Mimika, serta menjaga keharmonisan berbangsa dan bernegara.” tuturnya.

Disampaikan juga bahwa dalam menyongsong satu abad perjalanan NU, PCNU Mimika telah melaksanakan berbagai kegiatan sejak 31 Januari 2022.

“Kita sudah mulai sejak 31 Januari dengan melakukan Khatmil Qur’an, bersih-bersih kota, dan pengecoran Kantor PCNU di Jl. Pattimura” jelasnya saat ditemui seusai acara puncak.

Adapun dalam acara ini turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar mewakili Bupati Mimika menyampaikan dalam sambutannya bahwa NU memiliki perjalanan yang panjang dan telah banyak berkontribusi untuk bangsa Indonesia.

“Kita bersyukur NU sampai saat ini masih tetap eksis dalam menjalankan amanah yang diwarisi para ulama pendiri NU. Kontribusi NU yang paling tama adalah melalui peran besar para ulama yang menjadi sumber tuntunan umat,” jelas Gomar.

Melalui momentum peringatan Harlah NU di tahun 2022 ini Gomar mengucapkan Terima kasih kepada seluruh Keluarga Besar NU Kabupaten Mimika yang telah berkontribusi dalam memajukan Kabupaten Mimika.

“Dalam konteks Mimika, tentunya kontribusi NU tidak diragukan lagi. Ini bisa terlihat dari keterlibatan aktif dalam merawat kebhinekaan, kedamaian, kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan, bahu-membahu menghadapi pandemi covid 18 serta turut menyukseskan beragam agenda di tahun 2021,” kata Gomar.

Dia berharap hubungan harmonis dan kerja sama yang telah terjalin antara pemerintah dan NU akan tetap terjalin dengan baik.

Tinggalkan Balasan

X