Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, PTFI Gelar Aksi Bersih Kota Bersama Warga Mimika

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), PT. Freeport Indonesia (PTFI) melalui Departemen Environmental bersama warga kota Timika menggelar Aksi Bersih Kota di area Pagar Kuning hingga Jl. Ahmad Yani dan Jalan Baru kota Timika, Sabtu (26/2/2022).

General Superintendent Reclamation, Biodiversity and Education PTFI, Roberth Sarwom mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan PTFI kepada Pemerintah Kabupaten Mimika dalam pengelolaan sampah.

Roberth berharap aktivitas peduli lingkungan seperti ini dapat menggerakkan semangat warga Mimika untuk mengelola sampahnya.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini, kita bersama-sama dapat mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen masyarakat,” tuturnya.

Di samping itu, mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika, Kepala Seksi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, yang juga sebagai Koordinator KAMGAS Timika, Aris Sampe Mambulu, mengapresiasi dukungan dari Masyarakat dalam kegiatan ini.

“Harapan kami masyarakat menjadi lebih peduli dalam mengelola sampah, bahkan dari tingkat RT pun harus ikut menggerakkan kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Dia juga memberi apresiasi kepada Pihak PTFI yang telah menggandeng komunitas warga dalam kegiatan ini sehingga bisa memberikan contoh kepada masyarakat.

Adapun yang turut bergabung diantaranya Komunitas Anak Muda Gerakan Anti Sampah (KAMGAS) Timika, komunitas siswa-siswa peserta Program Alam Lestari binaan PTFI, para guru dari berbagai sekolah, serta sejumlah pemuda dari perwakilan Gereja di Timika.

Dalam pantauan catatanflashpacker.com, para peserta terlihat begitu antusias memperingati Hari Sampah Nasional tahun 2022 di Kota Timika.

Dari kegiatan positif ini, para peserta berhasil mengkumpulkan sekitar 1 ton sampah jenis botol dan plastik. Sejumlah sampah itu diketahui akan didaur ulang menjadi campuran paving block di area MP 38 PTFI.

Tinggalkan Balasan

X