Pendakian Gunung Sindoro Jawa Tengah
Share this:

Setelah beberapa minggu dihantui kejenuhan serta rasa bosan yang gunda gulana di kos, sebuah chat via WA dari teman saya tiba-tiba saja masuk. Isinya dia ngajakin puncak. Sungguh betapa bahagia rasanya bro.

Awalnya saya tidak kepikiran untuk muncak di Sindoro. Maklum bos, saya sendiri masih trauma dengan jalur pendakian gunung Sumbing pada tahun 2015 lalu. Ditambah lagi anaknya, gunung Kembang yang buat betis menangis merengek.

“Sindoro…” balas teman saya setelah saya tanya kita akan muncak dimana.

Dalam hati saya, waduh Sindoro.. Betis pasti menangis lagi ni. Tapi tak apalah, yang penting suasana jenuh di kos lenyap, dan perasaan jadi legah.

Kami start dari jogja pukul 11 malam dan sampai di basecamp Grasindo Kledung sekitar stengah 2. Di dalam basecamp terlihat para pendaki sedang tertidur pulas. Kami pun beristirahat sembari menjemput hari esok.

Pendakian dimulai

Waktu pendakian dibuka pukul 08.00 pagi. Oh iya,  entah ini salah atau benar, saya sempat mendengar dari beberapa pendaki kalau di sini ada pembagian waktu mendaki sob. Jadi tidak setiap jam para pendaki bisa mendaki. Ini dikarenakan para petugas basecamp memiliki waktu beristirahat di jam-jam tertentu.

Kami kala itu mulai melangkahkan kaki dari basecamp pukul 9 pagi. Sepanjang jalur pendakian, ada beberapa pos yang bakal dijumpai, yakni pos 1, pos pemberhentian ojek, pos 2, pos 3, pos Sunrise Camp, pos 4 Batu Tatah, dan yang terakhir puncak. Untuk ngecampnya bisa di pos 3 Sunrise camp.

Waktu tempuh dari Basecamp ke Sunrise Camp kurang lebih 5 jam (tanpa menggunakan ojek). Kalau teman-teman menggunakan ojek bisa lebih cepat dari itu. Di sini disediakan ojek dari basecamp ke pos pemberhentian ojek. Harganya 20rb per orang.

Saran buat kalian yang pengen berburu sunrise, mending di pos 4 Batu Tatah. Sumpah keren sob. Coba deh lihat video saya di sini. Dan pada saat muncak, jangan lupa bawa buff ya bro, karena bau belerangnya cukup menyengat dan mengganggu pernapasan.

Oh iya sob, di sini dilarang keras membawa tissue basah. Ini untuk mencegah kerusakan lingkungan dan keasriannya.

Untuk biayanya; parkir 10rb/motor, retribusi dll seharga 15rb/org. Semoga bermanfaat ya sob, salam tapak kaki.

Nonton video berikut:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: