Mengenal Desa Tetebatu, Kandidat Desa Terbaik Dunia Versi UNWTO

Beberapa waktu lalu, Kemenkraf melalui surat Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur mengumumkan tiga desa yang akan mewakili Indonesia dalam program United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) Best Tourism Villages. Satu dari tiga desa yang terpilih adalah desa Tetebatu.

Desa Tetebatu merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk sampai ke desa ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan darat dengan waktu kurang lebih dua jam dari pusat kota Mataram.

Desa yang berada di ketinggian 971 mpdl ini memiliki bingkai alam berupa panorama gunung Rinjani, perbukitan, dan hamparan persawahan yang tersusun rapi menyerupai anak tangga.

Wisata desa Tetebatu

Dari atas ketinggian, pengunjung dapat melihat sunrise serta sunset yang sangat menawan. Tidak heran jika hampir setiap hari banyak pecinta fotografi yang berkunjung untuk memotret keindahan alam yang ada di desa ini.

Desa Tetebatu sesungguhnya sudah terkenal sejak lama, bahkan sejak zaman kolonial belanda. Melansir dari Tempo.co, desa ini dulunya sering dikunjungi oleh orang-orang Eropa di Mataram sebagai tempat peristirahatan. Bagi mereka, ini adalah tempat yang cocok untuk beristirahat karena udaranya yang sangat sejuk dan suasananya yang begitu tenang.

Di samping itu, desa ini juga memiliki ragam potensi wisata yang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

BACA JUGA: Bangkitkan Pariwisata NTT, Ende akan Menggelar Festival Kelimutu

Warisan Budaya

Desa Tetebatu mayoritas dihuni oleh suku sasak. Mereka hingga kini masih mempertahankan dan melestarikan tradisi dari nenek moyangnya.

Hal ini bisa dilihat dari ritual-ritual yang kerap dilakukan oleh masyarakatnya. Salah satu ritualnya adalah ritual Syukuran Bendungan atau dalam bahasa Sasak disebut Nyelamet Pengempel.

Wisata Alam Air Terjun

Desa ini memiliki beberapa titik air terjun yang bisa dikunjungi, yakni air terjun Ulem-ulem, air terjun Burung Walet, air terjun Kokok Duren, air terjun Seme Deye, dan air terjun Jeruk Manis.

Air terjun keren di Tetebatu

Dengan sejumlah pilihan air terjun yang ada, tentunya pengunjung tidak akan merasa bosan berada di desa Tetebatu. Apalagi setiap air terjunnya memiliki air yang sangat jernih dan tentunya menyegarkan.

Lintasan Sepeda Gunung

Adapun lintasan sepeda gunung yang cukup menantang adrenalin. Wisata yang satu ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai olahraga ekstrem.

Camping Ground

Di sini, juga terdapat lokasi camping ground yang banyak diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lokasi camp-nya yang berada di ketinggian serta suasananya yang hening membuat pengunjung merasa begitu tenang dan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat memesona.

Kawasan Hutan Kera

Wisata lainnya adalah Hutan Kera atau Monkey Forest. Kawasan ini berada di utara desa Tetebatu. Terdapat beberapa spesies hewan seperti kera, burung, dan lainnya.

Ketika memasuki kawasan ini, pengunjung akan disambut dengan ratusan suara burung yang berbeda-beda. Ada juga atraksi sirkus kera yang bakal menjadi hiburan bagi setiap wisatawan.

Kebun Holtikultura

Desa ini juga memiliki beberapa perkebunan holtikuktura. Pala menjadi tanaman andalan petani di sini.

Ada banyak oleh-oleh makanan khas Tetebatu yang berbahan dasar pala, salah satunya yaitu manisan buah pala yang cukup unik rasanya. Wajib dicoba oleh pengunjung.

Perkebunan Tembakau

Destinasi yang satu ini sangat terkenal di Indonesia. Sebab, tembakaunya berkualitas internasional. Tembakau dari perkebunan ini telah menjadi komoditas andalan masyarakat Lombok.

Selain itu, dari perkebunan ini, pengunjung juga dapat mempelajari banyak hal tentang tembakau. Mulai dari cara menanam, merawat, hingga mengolahnya menjadi tembakau yang bermutu tinggi.

BACA JUGA: Gunung Mauraja, Pesona Alam Lembata yang Eksotis

Desa Tetebatu juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti homestay dan rumah makan. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir bila ingin berkunjung ke desa Tetebatu.

Homestay di desa Tetebatu

Setelah melihat setiap keunggulan yang ada di desa Tetebatu, tidak dapat dipungkiri jika desa ini memang pantas terpilih sebagai kandidat desa terbaik dunia versi UNWTO. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada Oktober 2021 lewat Sidang Majelis Umum UNWTO sesi ke-24 di Marrakesh, Maroko. 

Tinggalkan Balasan

X