Bukit Susu, Wisata Alam Lembata yang Memesona

Sebelum mendeskripsikan pesona alam yang satu ini, saya mau ingatin kalian, para penikmat alam, untuk tidak berkunjung ke Lembata. Kenapa? Karena kalian bakal senang banget dan gak mau pulang. Heuheu

Asli, objek wisata alam di Lembata memang bisa dibilang masih begitu asri dan indah. Salah satunya ini, Bukit Susu. Entah, barangkali bukit ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga kondisi alamnya masih sangat terawat dan terlihat natural.

Lokasi dan Ongkos Retribusi

Lokasi Bukit Susu berada di Waijarang, Nubatukan, Lembata, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya bersebelahan dengan bukit yang hits banget di Lembata, Bukit Cinta. Jika kamu berangkat dari Lewoleba, maka Bukit Susu yang akan kamu jumpai terlebih dulu, kemudian baru Bukit Cinta.

Untuk berkunjung ke sini, kamu tentunya tidak perlu membayar uang retribusi. Yah, memang banyak tempat-tempat keren di Lembata yang belum secara resmi dijadikan objek wisata termasuk Bukit Susu ini, sehingga belum ada yang namanya penagihan ongkos retribusi kala melancong ke sini.

Meski demikian, alangkah baiknya bila ke sini, kamu meminta izin ke RT setempat sebagai tanda permisi. Lokasi rumah RT-nya pun tidak jauh dari mata jalan. Bila kamu kesulitan menemukan rumah RT, tanya saja ke warga sekitar. Mereka cukup ramah dan sangat antusias untuk membantu.

Camping dan Treking

Di tempat yang indah ini, kamu bisa camping sekaligus treking ke atas puncaknya. Untuk berkemah, kamu dapat mendirikan tenda di kaki bukit, tepatnya di area sekitaran Gereja Stasi Kewakat.

Bukit Susu Lembata
Foto: Catatan Flashpacker

Waktu treking kurang lebih 15-20 menit. Oh iya, perlu untuk kamu ketahui kalau jalur treking-nya belum dibuat khusus ya, jadi harus sedikit usaha serta ekstra hati-hati saat treking melintasi hamparan sabana yang luas yang di dalamnya kerap terdapat bebatuan tajam.

Saran saya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mendaki sesudah matahari terbit. Jangan coba-coba melakukan pendakian saat hari masih gelap atau malam hari. Begitu juga ketika turun. Sebab, jalurnya kurang mendukung dan tampak begitu curam.

BACA JUGA: Pendakian Gunung Ile Ape, Buat Jalur Sendiri

Keindahan Alam Bukit Susu Lembata

Lanskap pemandangan alam Bukit Susu memang sungguh memesona. Ketika berada di area perkemahan, kamu bisa menatap hamparan sabana yang membalut Bukit Susu dan Bukit Cinta. Pada bagian barat, terlihat bentang lautan yang dikelilingi gugusan pulau, yakni Pulau Adonara, Solor, dan Flores.

Jika berada di puncaknya, kamu tentu dapat menyaksikan betapa seninya buah karya Tuhan. Asli, indah sekali panorama alam di sekitar Bukit Susu. Mulai dari megahnya gunung-gunung yang menjulang tinggi dari tiap arah mata angin, hingga hamparan-hamparan laut dan sabana yang mengagumkan.

Suasana di Bukit Susu juga sangat sepi dan adem sehingga menjadi sesuatu banget bagi kamu yang mau mencari ketenangan. Cocok juga buat kalian yang ingin banget merasakan suasana gunung tapi gak mau cape mendaki berhari-hari.

Oh iya guys, ada satu lagi nih yang wajib kamu patuhi tanpa tawar-menawar, pastikan kamu selalu menjaga kelestarian dan kebersihan Bukit Susu ya! Bawa kembali sampahnya! Ingat, jadilah sampah masyarakat yang tidak menyampah di sembarang tempat! Heuheu

Tinggalkan Balasan

X