Bangkitkan Pariwisata NTT, Ende akan Menggelar Festival Kelimutu

Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur akan menggelar Festival Kelimutu untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata Ende yang lesu akibat pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Saban, menyampaikan festival ini akan digelar pada tanggal 14-16 Agustus 2021.

“Kami sedang mempersiapkan Festival Kelimutu, rencananya akan digelar pada 14-16 Agustus 2021 mendatang.” Jelasnya dilansir dari ANTARANEWS.

Adapun tiga atraksi utama yang bakal ditampilkan dalam festival ini adalah upacara adat Taga Kamba, Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata, serta festival budaya.

BACA JUGA: Aturan Baru Naik Kapal Pelni Selama PPKM Darurat

Di samping itu, ada juga rangkaian acara lainnya seperti festival kopi, kuliner, musik, demonstrasi pembuatan konten digital, dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, Martinus menjelaskan Festival Kelimutu akan tetap digelar secara langsung. Namun, mengingat masih dalam situasi pandemi, jumlah peserta akan dibatasi.

Meski demikian, penyelenggara juga akan menyajikan seluruh rangkaian acara ke dalam bentuk virtual. Dengan begitu, masyarakat yang tidak sempat mengikuti festival ini secara langsung bisa ikut menyaksikan dan menikmatinya.

“Kami akan perkuat dari sisi virtual agar festival ini bisa dinikmati masyarakat di luar Ende,” ujar Martinus.

Dengan adanya Festival Kelimutu, Martinus juga berharap setelah pandemi mereda, pariwisata Ende akan kembali ramai dikunjungi oleh wisatawan.

“Ini juga merupakan upaya promosi agar pariwisata Ende menarik minat kunjungan wisatawan, sehingga setelah pandemi mereda, mereka bisa berdatangan untuk berwisata di Ende,” tukasnya.

BACA JUGA: 3 Wisata Konservasi di Indonesia yang Mendunia

Festival Kelimutu merupakan event tahunan yang digelar secara mandiri sejak 2012 di Kabupaten Ende. Sebelumnya event ini masih termasuk dalam rangkaian Festival Seni dan Budaya, Flores dan Lembata (Florata).

Tujuan utama dari Festival Kelimutu adalah memperkenalkan budaya dan kreasi yang ada di Kabupaten Ende. Sekaligus juga sebagai ajang promosi pariwisata Ende.

Tinggalkan Balasan

X