Bali dan Pulau Komodo Tidak Layak Dikunjungi Tahun 2020
Share this:

Sebuah media wisata Amerika Serikat, Fodor’s Travel, baru saja merilis tiga belas destinasi wisata yang tidak layak dikunjungi pada tahun 2020. Dua diantaranya merupakan destinasi wisata asal Indonesia, yakni Pulau Bali dan Pulau Komodo.

Penyebutan Pulau Bali dan Pulau Komodo sebagai destinasi wisata yang tidak layak dikunjungi bukanlah tanpa sebab. Dilansir dari REPUBLIKA.co.id, Fodor’s Travel memasukkan dua destinasi wisata tersebut berdasarkan alasan berikut.

1. Bali Kekurangan Air Bersih dan Banyak Sampah

Di samping sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, Bali dinyatakan oleh para pejabat sebagai ‘darurat sampah’ pada tahun 2017. Jumlah sampah plastik banyak sekali ditemukan di lokasi pantai dan perairan Bali.

Fordor’s juga mengatakan bahwa petani lokal di Bali kekurangan air. Hal ini disebabkan oleh gencarnya pembangunan yang memfokuskan sektor wisata.

Baca juga: Pemerintah Telah Menetapkan Lima Bali Baru

Dari dampak masalah tersebut, legislator Bali telah mempertimbangkan untuk mengenakan pajak wisata sebesar 10 dolar AS bagi setiap wisatawan. Pajak ini bertujuan membantu mengatasi persoalan tersebut.

2. Jumlah Pengunjung di Pulau Komodo Terlalu Besar

Alasan Fodor’s Travel memasukan Pulau Komodo sebagai destinasi wisata yang tidak layak dikunjungi adalah bahwa pulau tersebut terancam oleh besarnya jumlah pengunjung yang berlibur ke sana.

Pemerintah Indonesia pun telah mempertimbangkan untuk menutup Situs Warisan Dunia UNESCO itu salama satu tahun penuh. Tujuannya untuk melindungi dan melestarikan kembali hewan langka tersebut.

Tidak hanya itu, Fodor’s Travel juga menyebutkan bahwa harga destinasi wisata Pulau Komodo masih terlalu murah. Oleh sebab itu, pemerintah perlu menaikan pajak bagi para turis yang berkunjung ke sana.

Selain Pulau Bali dan Pulau Komodo, destinasi wisata yang juga masuk ke dalam list destinasi wisata tidak layak dikunjungi adalah Pantai Barceloneta (Spanyol), Angkor Wat (Kamboja), Hanoi Train Street (Vietnam), Gunung Matterhorn (Swiss), Konservasi Laut Nasional Florida Keys dan Parque Nacional Arrecives de Cozumel (Meksiko), Taman Nasional Galapagos (Ekuador), Resor di Meksiko dan Amerika Tengah, Cape Town (Afrika Selatan), dan tempat-tempat menunggang gajah.

Sumber: Fodors.com

5 thoughts on “Bali dan Pulau Komodo Tidak Layak Dikunjungi Tahun 2020

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: