Catatan Flaspacker

Air terjun Coban tumpak sewu
Share this:

Lumajang selalu terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Salah satunya yaitu air terjun Coban Sewu atau Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur.

Air terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di pulau Jawa dan bahkan Indonesia. Air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu lantaran memiliki banyak aliran mata air yang keluar dari dinding-dinging tebingnya.

Selain itu, Air terjun ini juga dikenal sebagai Niagaranya Indonesia karena memilliki bentuk aliran air yang melebar menyerupai tirai. Persis seperti air terjun Niagara.

Lokasi dan Rute menuju Tumpak Sewu

Air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini berada di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronowijo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya tepat di sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan laut.

Untuk sampai ke sini, dari kota Malang, kamu dapat memilih rute Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo. Waktu tempuhnya kurang lebih satu sampai dua jam perjalanan. Jika sudah tiba di Pronowijo, kamu akan melihat sebuah gapura yang bertuliskan ucapan selamat datang di tepi jalan.

Biaya Masuk Tumpak Sewu

Di sini, ada dua kali pembayaran untuk tiket masuknya. Pertama, pembayaran di loket masuk setelah parkiran senilai Rp10.000,- per orang. Yang kedua, pembayaran di loket masuk menuju lokasi titik utama air terjun. Jadi kalau kamu ingin turun ke bawah, kamu akan dikenai tarif lagi sebesar Rp10.000,- per orang.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Romantis di Malang

Untuk ongkos parkir, kamu hanya cukup membayar Rp5.000,- per motor atau Rp10.000,- per mobil. Dengan pemandangan alam yang sangat indah dan memuaskan hasrat, bisa dikatakan budged yang dikeluarkan untuk berkunjung ke sini cukup murah dan setimpal.

Penginapan di Sekitar Air Terjun Tumpak Sewu

Di sekitar kawasan air terjun pun terdapat beberapa penginapan untuk bermalam. Salah satunya yang recomended adalah Dear Traveller Guest Host.

Dear Traveller Guest Host merupakan sebuah tempat menginap yang kece serta instagramable banget. Lokasinya dekat dengan air terjun dan tidak jauh dari perkampungan. Akses jalannya pun mudah. Cocok untuk menginap bersama keluarga.

Harganya kisaran Rp200.000,- per malam. Fasilitas yang didapat berupa sarapan, wifi, parkir, sepeda, antar jemput bandara, restoran, dan penatu layanan lengkap. Oh iya, di sini, pengunjung juga boleh membawa hewan peliharaan.

Video Tumpak Sewu:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: