7 Aplikasi Pendaki yang Wajib Dimiliki Para Pendaki

Salah satu olahraga ekstrem yang telah berubah menjadi kegiatan wisata populer adalah mendaki gunung. Tidak heran jika kini banyak orang gemar sekali menghabiskan hari liburnya di puncak gunung. Di samping itu, kegiatan ini sesungguhnya memiliki resiko yang tinggi sehingga kerap kali terjadi insiden akibat kecerobohan serta kurangnya pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki pendaki.

Untuk menangani insiden tersebut, di bawah ini, ada tujuh aplikasi yang bisa dimanfaatkan sebagai panduan sekaligus pedoman dalam melakukan pendakian. Setiap aplikasi memiliki fungsinya masing-masing dan tentu sangat berguna untuk menambah ilmu serta dapat menunjang kebutuhan para pendaki saat melakukan pendakian.

View Ranger

Aplikasi View Ranger cukup populer di kalangan pendaki gunung. Biasanya View Ranger dipakai untuk melakukan perencanaan pendakian, menavigasi perjalanan, serta merekam sekaligus membagikan kegiatan outdoor pendaki ke sesama pendaki lainnya. Aplikasi ini pun bisa digunakan secara luring.

Altimeter Ler

Aplikasi yang satu ini dapat digunakan sebagai penunjuk posisi ketinggian lengkap dengan informasi perihal titik koordinat saat menjelajah, gambaran suhu, serta tekanan udara. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur pengambilan gambar dengan output data yang secara otomatis menjelaskan gambar yang dijepret. Dapat juga digunakan ketika offline.

WeatherBug

WeatherBug sangat akurat dalam memperkirakan cuaca saat ini dan beberapa hari ke depan. Telah dilengkapi fitur peringatan petir, suhu lokal, curah hujan, angin, UV, dan masih banyak lainnya. Tentu aplikasi ini cukup membantu pendaki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kala berkativitas di alam.

BACA JUGA: 18 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

AllTrails

AllTrails merupakan salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh setiap pendaki. Aplikasi ini telah merekam lebih dari lima puluh ribu rekam perjalanan dari seluruh dunia yang tersimpan ke dalam databasenya sehingga sangat membantu pendaki dalam menentukan rute perjalanannya.

SAS Survival

SAS Survival dapat digunakan sebagai panduan untuk bertahan hidup di alam bebas. Di dalam aplikasi ini, terdapat berbagai panduan seperti cara pembuatan tenda darurat, cara berburu, serta bagaimana cara memberi pertolongan pertama. Ilmu yang diberikan pun tidak hanya untuk bertahan hidup di gunung, tapi terdapat juga ilmu bertahan hidup di laut, gurun pasir, dan perkotaan.

BACA JUGA: 9 Ilmu Rimba untuk Bertahan Hidup di Hutan

First Aid: American Red Cros

Aplikasi ini berisi panduan tentang cara memberikan pertolongan ketika terjadi insiden. Panduan disajikan lengkap dengan video ilustrasi sehingga mudah untuk ditiru saat ingin memberikan pertolongan kepada pendaki yang sedang mengalami insiden.

Medicinal Plants and Herbs

Aplikasi ini dapat memberikan ilmu tentang tanaman atau tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat ketika pendaki sedang dalam kondisi darurat dan jauh dari pemukiman serta rumah sakit.

Itulah tujuh aplikasi pendaki yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang akan melakukan pendakian. Jika kamu adalah seorang pendaki, segera download ketujuh aplikasi di atas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

X
%d blogger menyukai ini: