Catatan Flaspacker

bakso jumbo jogja
Share this:

Berkunjung ke kota Jogja rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi aneka kulinernya yang memanjakan lidah. Oleh karena itu, bila sedang main ke Jogja, kamu harus sempatkan waktu untuk mampir ke wisata kuliner Jogja hits berikut ini.

1. Gudeg Pawon

Gudeg merupakan salah satu makanan khas asli Jogja. Ada banyak warung makan Gudeg yang bisa kamu jumpai di setiap sudut kota Jogja. Namun, yang paling terkenal dan paling hits untuk saat ini adalah Gudeg Pawon.

Kuliner legendaris ini diritintis sejak tahun 1958 oleh Prapto Widarso. Kini diwariskan kepada anaknya, Sumarwanto.

Gudeg Pawon memiliki konsep yang menarik. Tempat mengambil makanannya langsung dari pawon atau dapur.

Selain itu, pengolahannya juga terbilang unik. Untuk memasak gudek Pawon ini, Sumarwanto memilih menggunakan tungku kayu yang kualitasnya dikontrol langsung oleh penyedia kayu bakar.

Gudeg Pawon ini berada di HI. Prof. Dr Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta. Bukanya mulai pukul 22.00 WIB.

Saking terkenalnya gudeg Pawon tak pernah sepi pengunjung. Antriannya sangat panjang. Kamu harus datang lebih awal. Jika tidak, kamu tidak akan punya kesempatan untuk menikmatinya.

2. Kopi Jos Jogja

Kopi Jos merupakan wisata kuliner Jogja hits yang telah berdiri sejak tahun 1965. Lokasinya berada di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Dari Malioboro, kamu dapat mencapainya dengan berjalan kaki sekitar lima menit saja.

Kopi Jos sendiri memiliki kekhasan yang jelas berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya. Kekhasan dari Kopi Jos adalah racikannya, yakni bubuk kopi, gula, dan potongan arang yang membara. Jangan kaget ya kalau kamu melihat ada arang di dalam cangkir kopimu. Heuheu

Untuk harganya, segelas Kopi Jos dihargai Rp 4.000,- saja. Harganya yang terbilang murah membuat Kopi Jos selalu marak dikunjungi.

Angkringan Kopi Jos ini buka mulai pukul 14.00 sampai 02.00 WIB. Semakin malam, suasananya malah semakin ramai.

Jangan khawatir tidak mendapat tempat. Di sini sudah disiapkan tikar di atas trotoar sepanjang 50 meter.

3. Soto Sampah

Soto Sampah merupakan salah satu wisata kuliner Jogja yang cukup hits. Kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970.

Dinamai Soto Sampah karena tampilannya yang terlihat acak-acakan dengan gajih sapinya. Meski demikian, cita rasanya selalu nendang di lidah para pengunjung.

Untuk mendapatkan seporsi Soto Sampah, kamu cukup membayar Rp6.000,- saja. Isiannya berupa bihun, irisan kol, toge, gajih sapi, dan tentunya siraman kuah soto yang rasanya super maknyuss.

4. Rumah Makan Raminten

Rumah makan Raminten atau yang biasa dikenal dengan sebutan House of Raminten merupakan wisata kuliner Jogja yang cukup hits dan nyentrik.

Kuliner Jogja yang satu ini selalu menawarkan keindahan dan kenyamanan bagi pengunjungnya. Konsep menunya yang unik membuat siapa saja bakal tertarik untuk datang ke sana lagi dan lagi.

Suasana di rumah makan Raminten benar-benar didesain agar pengunjung merasakan suasana Jawa yang kental, seperti dendangan musik gending, aroma dupa, serta beberapa wanita yang tengah membatik di sudut-sudutnya ruangannya.

Wisata kuliner Jogja ini terletak di Jl. Faridan M Noto, No. 7, Kota Baru. Dari Malioboro, kurang lebih 10 menit menggunakan kendaraan. Buka 24 jam non stop.

Oh iya, kalau datang pada akhir pekan, kamu bisa menyaksikan pertunjukan kabaret di rumah makan tersebut.

5. Bakso Klenger Ratu Sari

Wisata kuliner Jogja hits yang terkahir adalah Bakso Klenger Ratu Sari. Bakso yang satu ini benar-benar berbeda dengan bakso lainnya. Bukanya pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Bakso Klenger Ratu Sari memiliki ukuran bakso super jumbo yang beratnya mencapai 20 kg. Kebayang gak, di dalam mangkukmu ada bakso segede buah kelapa. Heuheu

Selain ukurannya yang super gede, teksture dari daging baksonya juga empuk. Apalagi ditambah kuah kaldunya yang begitu gurih.

Isi dari bakso Klenger ini beragam. Ada yang berisi telur ayam, keju, hingga tetelan dan cabe rawit. Untuk harganya variatif, mulai dari Rp 15.000,- sampai Rp 2,8 juta rupiah.

Baca juga: Pantai Sanglen, Pantai yang Masih Perawan di Yogyakarta

Itulah lima wisata kuliner Jogja yang lagi hits akhir-akhir ini. Semoga bermanfaat ya bro, jangan lupa mampir.

4 thoughts on “5 Wisata Kuliner Jogja yang Hits dan Legendaris

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: