3 Wisata Konservasi di Indonesia yang Mendunia

Dengan bentang alam yang luas dan keanekaragaman yang tersebar, membuat Indonesia memiliki banyak cagar alam atau kawasan konservasi. Tercatat kurang lebih ada 556 kawasan konservasi di Indonesia dengan luas keseluruhan mencapai 27,14 juta hektar. Beberapa diantaranya telah dijadikan destinasi wisata konservasi.

Dari sejumlah kawasan konservasi yang ada, terdapat tiga kawasan yang telah berhasil mendunia sebagai wisata konservasi. Berikut tiga destinasi wisata konservasi milik Indonesia yang telah mendunia.

Taman Nasional Komodo

Wisata Konservasi taman nasional komodo
Foto: IG @ddwltrpuka

Taman Nasional Komodo berada di ujung barat Pulau Flores. Tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo terdiri dari 29 pulau vulkanik. Tiga pulau utamanya adalah Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Pulau komodo.

Dijadikan sebagai kawasan konservasi karena memiliki salah satu hewan langka, yakni komodo. Komodo merupakan spesies terbesar dalam familia varanidae dan juga termasuk kadal terbesar di dunia. 

Reputasi komodo yang terbilang mengerikan serta tubuhnya yang besar membuatnya menjadi salah satu hewan paling terkenal di dunia. Selain komodo, setidaknya ada 25 spesies hewan darat dan burung yang juga dilindungi di Taman Nasional Komodo.

Pada tahun 1991, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Center) oleh Unesco. Tahun 1997, kembali oleh Unesco dijadikan Cagar Biosfer (Man and Biosphere Programme). Kemudian di tahun 2012, Taman Nasional Komodo terdaftar sebagai New 7 Wonders of Nature oleh New 7 Wonders Foundation.

BACA JUGA: 5 Wisata Kuliner Jogja yang Hits dan Legendaris

Topografi Taman Nasional Komodo juga terbilang unik dan beragam, terdiri dari hutan hujan tropis, padang rumput, perbukitan, dan pantai berpasir putih bersih hingga pink. Dalam flora dan fauna, lautnya merupakan salah satu yang terkaya di dunia.

Hutan Hujan Tropis Sumatera

Wisata Konservasi Hutan Hujan Tropis Sumatera
Foto: idntimes.com

Hutan Hujan Tropis Sumatera memiliki luas sekitar 2,5 juta hektar. Di dalamnya mencakup tiga taman nasional, yakni Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Di kawasan ini, terdapat banyak tumbuhan terkenal seperti bunga padma raksasa atau Rafflesia Arnoldi (bunga terbesar di dunia), bunga Amorphophallus titanum (bunga tertinggi di dunia), dan kantong semar.

Ada pun beberapa spesies yang hampir punah dan hanya terdapat di sini, diantaranya gajah sumatera, harimau sumatera, orang utan sumatera, dan badak sumatera bercula dua.

Pada tahun 2004, Unesco menetapkan Hutan Hujan Tropis Sumatera sebagai Warisan Dunia. Berdasarkan keanekaragaman hayati, Taman Nasional Gunung Leuser juga sempat ditetapkan sebagai Natural World Heritage Site (Situs Warisan Alam Dunia), Cagar Biosfer, dan ASEAN Heritage Park (Taman Warisan ASEAN).

Taman Nasional Way Kambas

Wisata Konservasi way kambas
Foto: IG @victor_mahan

Letak Taman Nasional Way Kambas berada di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Sumatera. Luas kawasannya mencapai 125.000 hektar yang terdiri dari semak belukar, hutan air rawa dengan hamparan padang rumput, dan hutan pantai.

Taman Nasional ini sangat terkenal sebagai Pusat Konservasi Gajah atau tempat pelatihan sekaligus penjinakan serta pengembangbiakan gajah asli Pulau Sumatera. Kurang lebih sebanyak 300 ekor gajah yang sudah dilatih di sini.

BACA JUGA: Tiga Gunung di Jawa Tengah yang Recomended bagi Pendaki Pemula

Selain itu, Taman Nasional Way Kambas juga melindungi dan menjaga satwa lainnya seperti tapir, rusa sambar, kijang, beruang madu, badak sumatera, buaya sepit, harimau sumatera, lutung, owa, dan siamang.

Taman Nasional Way Kambas pun termasuk dalam Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) ke-4 di Indonesia dan ke-36 di Asia Tenggara. 

Demikian tiga destinasi wisata konservasi di Indonesia yang telah mendunia. Jika kamu ingin mencari tahu tentang destinasi wisata romantis di Malang, simak artikelnya di sini. Kamu juga bisa melihat keindahan alam Ranu Kumbolo lewat video ini.

1 thought on “3 Wisata Konservasi di Indonesia yang Mendunia

Tinggalkan Balasan

X
%d blogger menyukai ini: